9 Fakta Mengenai Kuning Telur yang Belum Anda Ketahui

Anda harus mengetahui 9 Fakta Mengenai Kuning Telur yang Belum Anda Ketahui, berikut penjelasannya:

"Kuning telur atau dalam bahasa inggris disebut dengan egg yolk merupakan bagian daripada telur dimana embrio berkembang. Kuning telur dikelilingi oleh putih telur (albumen atau ovalbumin). Sebagai makanan, kuning telur merupakan sumber utama beberapa vitamin dan mineral. Kuning telur juga banyak mengandung lemak, kolesterol dan protein"

1. Warna kuning telur dipengaruhi oleh makanan si ayam
Warna kuning telur tergantung kepada jenis makanan yang dikonsumsi oleh ayam penghasil telur tersebut. Pakan ayam yang mengandung jagung akan menghasilkan telur berwarna lebih kuning daripada kuning telur ayam yang tidak diberi jagung.

"So, jika ingin kuning telur dengan warna yang kuning banget, kasih aja pakan jagung sebanyak mungkin...."
tambahan : yg warna kuning telur, itu sbnerny dipengaruhi sm beta caroten, pigmen warna kuning pada yolk. Emk bner dipengaruhin sm pakan yg dikasi, tp ga selalu harus jagung, bisa jg dikasi suplemen beta caroten..
yg no 1 n 2 itu berhubungan ko, beta caroten itu suatu bentuk dr vitamin A, jd smakin byk pakan yg dikasi mengandung beta caroten, smakin tinggi vit A ny

2. Vitamin A dan kuning telur
Warna pada kuning telur ditentukan oleh banyakknya pigmen karotenoid yang berhubungan dengan vitamin A. Satu kuning telur ayam mengandung vitamin A setara dengan hampir setengah vitamin A wortel ukuran sedang. Makin kuning telurnya, makin sehat mata Anda!

3. Kolesterol dan kuning telur
Sayangnya selain vitamin, kuning telur juga tinggi kolesterol. Kolesterol satu kuning telur ayam besar setara dengan kolesterol dalam 75 gram hati jeroan sapi, Berdasarkan penelitian, satu butie kuning telur mengandung sekitar 213 mg kolesterol. Dan bagi mereka yang memiliki masalah dengan kolesterol dalam darahnya, itu sudah melebihi batas yang diizinkan, 200 mg. Kolesterol memang dibutuhkan tubuh, namun asupannya tetap harus dibatasi.
Cuman masyarakat awam selalu mengindentikan kolesterol dengan penyakit jantung, stroke dll. Sebenernya kolesterol itu dibutuhkan tubuh juga loh gan untuk proses regulasi sel-sel tertentu. Fungsi kolesterol itu salah satunya membentuk dinding sel, karena dinding sel kita itu fosfolipid bilayer. Lipid itu maksudnya lemak atau kolesterol.

Jadi yang ada di kuning telur itu namanya HDL dan kolesterol yang jahat itu namanya LDL.

4. Kuning telur matang lebih baik.
Penelitian yang dilakukan oleh Belgia menyebutkan kalau protein yang diserap oleh kuning telur (juga putih telur) naik dari hanya 51 % jika telur masih mentah, menjadi 91 % jika telur telah matang. Selain aman dari bakteri juga lebih banyak protein yang diserap oleh tubuh.

5. Kuning telur selalu di tengah.
Tali putih yang biasanya kita amati pada bagian putih telur disebut calazae, dan ternyata berfungsi untuk menahan kuning telur berada di tengah telur dan tidak menempel di cangkang telurnya.

6. Usapkan kuning telur pada rambut
Selain dikonsumsi secara langsung, telur juga membantu pertumbuhan rambut dengan cara langsung mengusapkan kuning telurnya pada bagian akar rambut, dikabarkan rambut lebih subur dan kebotakan akan menjauh dengan cara ini. Asal jangan lupa cuci rambut agan sebelum keluar rumah!

"Jadi jangan marah ya kalo diceplokin telur pas ente ulang tahun, langsung aja sekalian digosok ke akar rambut, biar sehat rambutnya... "

7. Kandungan Gizi kuning telur.
Menurut USDA National Nutrient Database, satu kuning telur mengandung kurang lebih: 2.7 gr protein, 210 mg kolesterol, 0.61 gr dan 4.51 gr lemak.

Kuning telur juga mengandung semua vitamin larut lemak seperti A, D, E dan K.

Kandungan asam lemak dalam kuning telur:

1. Asam lemak tak jenuh
* Asam Oleic, 47 %
* Asam Linoleic, 16 %
* Asam Palmitoleic, 5%
* Asam Linolenic, 2 %
2. Asam lemak jenuh
* Asam Palmitic, 23 %
* Asam Stearic, 4 %
* Asam Myristic, 1 %


Kuning telur juga mengandung lesitin, yang berfungsi untuk emulsifier.

8. Kuning telur double
Kuning telur double bisa terjadi karena proses pembuahan terjadi teralu cepat. Beberapa ayam juga memang bisa memproduksi kuning telur double ini, seperti yang diternak di West Bengal, India.

Pada dasarnya, ayam betina sangat jarang menghasilkan kuning telur double, hal ini diakibatkan oleh adanya kesalahan dalam siklus produksi telur. Telur yang mengandung kuning telur double berbentul lebih panjang dan lebih "langsing" daripada telur biasanya.

9. Telur tanpa kuning telur..?
Telur tanpa kuning telur biasanya disebut dengan dwarf egg (dwarf=kerdil) atau wind egg. Hal ini bisa terjadi jika jaringan reproduksi pecah, kemudian menstimulus telur untuk memproduksi kelenjar untuk membungkusnya menggunakan putih telur. membran dan cangkang. Dan kemudian telur tanpa kuning telur ini, siap untuk dikeluarkan.

10. Nikmat
Yang pasti rasa kuning telur itu nikmat ! (:

sumber : kaskus.us
Copyright 2011 Madeincopas - Editor Theme MadeincopaS - Editor premium onthespot